Makanan Sehat Penunda Lapar Saat Puasa



Makanan Sehat Penunda Lapar Saat Puasa [ www.BlogApaAja.com ]

Berpuasa adalah salah satu bagian dari rukun Islam yang harus dijalankanoleh kaum muslimin. Menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu sejak munculnya waktufajar hingga tergelincirnya matahari bukanlah hal yang mudah. Namun, seringkalibanyak orang tidak menyadari bahwa agar badan tetap sehat dan puasa lancar makaperlu mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi.

Banyak orang mengira bahwa menu makanan yang banyak ditemukan disekelilingnya adalah baik bagi kesehatan, terlebih bagi dirinya yang tengahberpuasa. Namun, anggapan seperti itu ternyata salah loh, Ladies. Justru denganmengkonsumsi makanan dan minuman sembarangan akan membuat tubuh menjadi lemahdan letih saat puasa. Jika tidak ingin demikian, berikut ini tips makanan sehatsaat sahur dan berbuka.

Saat sahur:



1. Utamakan mengkonsumsi air, vitamin, dan minuman elektrolit



Jika selama ini Anda kurang mengkonsumsi air, bisa saja digantikan denganmengkonsumsi banyak buah yang mengandung air seperti semangka. Selainmengandung banyak air, buah semangka juga mengandung banyak vitamin danmineral. Selain dua hal tersebut, Anda juga bisa mengkonsumsi buah yangmengandung elektrolit seperti kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit tinggiyang berguna menggantikan cairan yang hilang selama puasa.

2. Perbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat



Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran. Mengkonsumsi banyak sayurandan buah dapat memperlancar sistem pencernaan saat puasa.

3. Menu dengan karbohidrat kompleks



Karbohidrat kompleks banyak terdapat pada gandum, nasi merah, dan ubi.Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menstabilkan guladarah dan dapat memberikan "efek" kenyang lebih lama.

4. Hindari makanan yang digoreng



Hindari makanan yang digoreng, terlebih menggunakan minyak lebih daridua kali penggorengan. Hal ini dapat menyebabkan radikal bebas dengan mudahnyamasuk ke dalam tubuh Anda dan ikut dalam peredaran darah.

Saat berbuka:



1. Hindari minum manis



Jika selama ini kita banyak mengenal bahwa minuman atau makanan manissangat baik bagi orang berpuasa, ada baiknya kita mengubah pemikiran tersebut.Mengkonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan gula darah selama puasayang semula normal menjadi naik secara drastis. Hal ini tentunya sangatberbahaya bagi penderita penyakit gula. Sebaiknya, berbukalah dengan menggunakanair hangat, jus buah tanpa gula, atau air kelapa.

2. Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks



Sama halnya dengan saat sahur, saat berbuka ada baiknya tidakmengkonsumsi makanan secara berlebihan karena akan berakibat lemas,kekenyangan, dan mengantuk saat tarawih. Sebaiknya, berbukalah dengan makananyang mengandung karbohidrat kompleks karena memberikan rasa kenyang yangstabil.

3. Hindari makanan yang digoreng



Mengkonsumsi makanan yang digoreng dapat menyebabkan melambatnyaperedaran darah dalam saluran cerna. Selain itu, makanan yang digoreng jugamengikat oksigen pada darah hingga 20%.

4. Banyak mengkonsumsi air mineral



Untuk memperlancar aliran darah pada tubuh, sebaiknya konsumsi airmineral minimal satu liter sebelum tidur.

Jadi, puasa bukan berarti "segala makanan masuk perut" loh, Ladies.Meski puasa, aturan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tetap ada untukmencegah terjadinya dehidrasi. Selamat puasa!


Follow On Twitter